Press "Enter" to skip to content


Pasca Banjir Bandang di Luwu Utara, BPBD Sebut Warga Butuh Sanitasi Portabel

Luwu Utara, MP – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo telah dijadwalkan akan meninjau langsung kondisi terkini banjir di Luwu Utara, tepatnya di Masamba, Sulawesi Selatan, pada Jumat, 17 Juli 2020.

“Sesuai jadwal, Kepala BNPB akan datang meninjau sejumlah titik banjir bandang lewat udara hari ini,” kata Kepala BPBD Luwu Utara, Muslim Muhtar.

Pihaknya juga menuturkan bahwa Kepala BNPB, Doni Monardo telah memiliki agenda tersendiri sehingga beliau tidak bersama dalam rombongan Menteri Sosial, Juliari P Batubara.

“Jadi Kepala BNPB akan meninjau titik bencana di Masamba dan Radda. Ingin melihat langsung, sejauh mana tingkat kerusakan,” ujar Muhtar.

Muslim Muchtar kembali menambahkan bahwa untuk bantuan yang dibutuhkan saat ini yakni berupa bahan makanan bagi pengungsi mengingat dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemulihan.

Selain itu, kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam waktu yang dekat ini adalah sanitasi portable.Bukan hanya itu, alat berat juga dibutuhkan untuk memindahkan material dan alat hisap air di lokasi banjir di Masamba.

“Kenapa ini penting karena sekarang semua infrastruktur rusak, termasuk sanitasi karena itu butuh sanitasi portabel. Karena sering (listrik) mati, maka kita butuh lampu portable,” tutup Muslim Muchtar.