Press "Enter" to skip to content


846 UMKM di Luwu Utara Akan Diberi Bantuan Modal Selama Tiga Bulan

Luwu Utara, MP – Pemerintah Daerah Luwu Utara melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (DP2KUKM) akan memberikan stimulan berupa bantuan modal bagi 846 unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat meresmikan lokasi pelaku UKM di Sentral Bisnis Masamba, Senin (17/8/2020).

Pemerintah mengalokasikan anggaran khusus untuk pelaku UMKM terdampak covid dan juga bagi korban banjir dengan nilai Rp. 600.000 selama tiga bulan. Tapi, saya minta agar dicairkan sekaligus senilai Rp. 1.800.000, sebagai bantuan modal untuk pemulihan ekonomi,” tutur Bupati Indah.

Bahkan yang diberikan bukan hanya sekadar bantuan modal bagi UMKM, namun Indah menyebutkan, pemerintah juga menyiapkan 150 tenda dan 150 gerobak secara gratis.

300 unit tenda dan gerobak ini akan diberikan kepada UMKM yang memiliki tenda maupun gerobak yang rusak/hilang pasca banjir bandang pada 13 Juli 2020 lalu. Peresmian lokasi UKM di Sentral Bisnis ini maupun bantuan modal bagi UMKM merupakan satu langkah kita untuk bangkit dan terus maju ke depan. Kita boleh saja sedih dengan apa yang terjadi, tapi tidak untuk terus terpuruk,” tambahnya.

Menurut Indah, hal ini perlu mendapatkan apresiasi positif, karena kemampuan UMKM untuk memberikan kontribusi nyata dalam penyerapan tenaga kerja sehingga sangat membantu Pemda dalam menanggulangi masalah keterbatasan lapangan kerja dan pengangguran.

Oleh karena itu, Pemda selalu berharap UMKM akan selalu tumbuh dan bisa bangkit lebih maju dan menjadi pilar yang akan mendukung konsep pembangunan ekonomi kerakyatan di Luwu Utara,” pungkas Indah.