Press "Enter" to skip to content

Bupati Indah: Jaga Kelestarian Hutan Untuk Meningkatkan Pendapatan Daerah

MASAMBAPOS.COM – Indah Putri Indriani selaku Bupati Luwu Utara menghadiri Konferensi Hasil Kajian tentang Transfer Fiskal dan Perumusan Kebijakan Dana Alokasi Umum (DAU) bagi kabupaten dengan Wilayah Hutan Luas, Selasa (18/9/2019).

Konferensi yang digelar di Hotel Double Tree, Jakarta, tersebut dilaksanakan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) bekerja sama dengan Pusat Riset Perubahan Iklim Universitas Indonesia dan mengundang para bupati dari kabupaten kaya hutan.

Dalam kegiatan itu, Indah hadir didampingi Kepala Bappeda Luwu Utara Rusydi Rasyid dan Kepala BPKAD Luwu Utara Baharuddin.

“Poin utamanya adalah menjaga kelestarian hutan yang pada akhirnya kita akan berbicara mengenai bagaimana meningkatkan pendapatan daerah,” ujar Indah via rilis bagian Kominfo Luwu Utara.

Terkait regulasi UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Indah memaparkan bahwa pengelolaan hutan berpindah menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

“Tapi disisi lain warganya tetap ada di wilayah kabupaten/kota. Ya meski tidak bisa dipungkiri bahwa kami kesulitan terkait pembiayaan pengelolaan karena terbatasnya anggaran, tetap saja tanggung jawab menjaga hutan tetap menjadi perhatian,” tuturnya.

Dari tantangan pembangunan tersebut, Indah menuturkan mendorong pembangunan infrastruktur utamanya pemberdayaan masyarakat sesuai kearifan lokal.

“Untuk itu menjadi penting hari ini kita duduk bersama membahas tantangan dan pola apa yang paling tepat apakah di DAU dan lain sebagainya sehingga DAU di masa datang lebih adil, efisien dan efektif, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan fiskal kabupaten-kabupaten kaya hutan termasuk Luwu Utara,” tuturnya.

(****)