BNPB: Banjir Bandang Luwu Utara Belum Masuk Kategori Bencana Nasional

Devi Trisnawati

Luwu Utara, MP – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan bahwa musibah bencana banjir bandang yang terjadi di Kota Masamba Luwu Utara tersebut belum bisa dikatakan sebagai bencana nasional.

“Jadi bencana nasional ini dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, Bapak Presiden RI manakala sistem dan seluruh kegiatan pemerintahan telah mengalami kelumpuhan,” tutur Doni Monardo saat berkunjung ke Luwu Utara bersama Menteri Sosial, Juliari P Batubara, Jumat (17/7/2020).

Menurutnya, sistem pemerintahan dan tanggap bencana di daerah ini masih berjalan dengan baik sehingga belum perlu ditetapkan sebagai bencana nasional.

“Sekarang kita lihat semuanya masih berjalan dengan baik, Ibu Bupati Indah saat ini masih aktif memberikan bantuan serta pengarahan pada masyarakat dan termasuk juga beliau sudah ingatkan ada masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata dia.

BACA:  Dinkes Pinrang Kirim Relawan Tim Medik Untuk Bencana Alam di Masamba

Ia juga menyebut, tujuan kedatangannya setelah ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo untuk memastikan penanganan bencana dalam keadaan baik.

“Terutama masyarakat yang memerlukan bantuan dalam kondisi tanggap darurat di tempat pengungsian, fasilitas logistiknya, penginapan, sanitasinya dukungan aor dan juga perlengkapan terutama ibu-ibu dan anak-anak. Demikian juga untuk wanita hamil itu harus menjadi prioritas,” ungkap Doni.

Kabar Terkait