Press "Enter" to skip to content
 

PPL Lutra Tanam Sayuran di Lahan 0,5 Ha, Hasilnya Akan Dibagi untuk Korban Bencana

Luwu Utara, MP – Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kabupaten Luwu Utara turut ikut berperan aktif membantu korban bencana banjir bandang dengan melakukan pembersihan lahan seluas 0,5 hektar.

Lahan tersebut nantinya akan ditanami berbagai jenis sayuran berumur pendek, antara 20 – 25 hari. Hasilnya akan dibagikan gratis kepada para korban bencana.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Luwu Utara Alauddin Sukri, mengungkapkan bahwa sejak 1 Agustus 2020, para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sudah melakukan pembersihan lahan yang ada di Desa Baebunta, Kec. Baebunta Kab. Luwu Utara.

Kemarin, kita sudah menyelesaikan pembabatan perdu yang ada di lahan tersebut, dan hari ini dilakukan pengolahan tanah dengan menggunakan traktor 4 roda, pinjaman dari poktan binaan DKP,” kata Alauddin, Minggu (2/8/2020), di Baebunta.

Dia menargetkan dalam tujuh hari ke depan beberapa jenis sayuran sudah selesai ditanam di lahan tersebut. Nantinya setelah panen akan dibagikan langsung ke para korban bencana.

Hasil panen sayur di lahan ini akan kita bagikan ke warga yang terdampak bencana banjir bandang. Ini juga sekaligus upaya kita dalam memenuhi kebutuhan gizi bagi mereka,” ungkapnya.

Alauddin menyebut, kegiatan ini juga melibatkan pengurus Perhiptani dan KTNA Luwu Utara.

Apa yang kita lakukan ini adalah sebuah dedikasi dari PPL kami untuk masyarakat, khususnya mereka yang terdampak bencana banjir bandang kemarin. Ini juga sekaligus sebagai upaya kita untuk menyediakan pangan yang sehat bagi masyarakat sampai ke tingkat desa,” pungkasnya.