Press "Enter" to skip to content

Penerbangan Dari Masamba Tujuan Rampi Normal Kembali

MASAMBAPOS.COM – Pesawat fokker yang melayani rute penerbangan Masamba-Rampi dan Masamba-Seko di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terbang lagi, Kamis (13/9/2018).

Selama dua hari, Selasa-Rabu (11-12/9/2018), pesawat jenis Caravan C208B milik Susi Air mengalami gangguan pada suplai baterai.

“Hari ini penerbangan sudah kembali normal,” ujar Kepala Bandara Andi Djemma Masamba, Rasidin.

“Kemarin baterai pengganti yang dikirim tiba di Masamba dan teknisi kami melakukan penggantian malam itu juga,” katanya.

Pesawat merupakan transportasi utama menuju Kecamatan Seko dan Kecamatan Rampi. Wilayah Seko-Rampi berada di pegunungan dan merupakan daerah terpencil di Luwu Utara.

Kedua kecamatan itu mirip dengan wilayah pedalaman Papua. Dibutuhkan waktu 20 menit dari Bandara Andi Djemma Masamba untuk mencapainya.

Tarif pesawat ke Seko-Rampi dari Masamba disubsidi pemerintah pusat. Berlaku bagi pesawat penumpang maupun kargo.

“Tarif normal tiket penumpang dari Masamba ke Seko dan Rampi adalah Rp 700 ribu. Karena disubsidi jadi tinggal Rp 309.900,” katanya.

“Kalau dari Rampi ke Masamba sama Rp 309.900, kalau dari Seko ke Masamba lebih murah lagi hanya Rp 289.900,” lanjutnya.

Kalau tarif pesawat kargo disubsidi penuh. “Kargo gratis. Yang dibayar Rp 500 per kilogram untuk biaya gudang, tenaga kerja, listrik, dan lainnya,” katanya.

(****)