Press "Enter" to skip to content

Ini Dia 4 Cara Ampuh Mengeluarkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

MASAMBAPOS.COM – Operasi biasanya menjadi solusi untuk mengeluarkan batu ginjal. Padahal, ukuran dari batu ginjal tersebut juga menentukan apakah dibutuhkan jalur operasi atau tidak untuk mengeluarkannya.

Batu biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk keluar, tergantung pada jumlah batu dan ukurannya. Beberapa keluhan yang biasa muncul ketika mengalami masalah ini semisal frekuensi ingin buang air kecil yang meningkat yang disertai rasa sakit.

“Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, temui dokter perawatan primermu,” kata Dr Brian Eisner, co-director of the Kidney Stone Program di Harvard-affiliated Massachusetts General Hospital.

“Ia kemungkinan akan melakukan urinalisis dan ultrasound ginjal, rontgen perut, atau CT scan untuk memastikan batu ginjal adalah sumber rasa sakitmu dan menentukan ukuran dan jumlahnya.”

Nah untuk membantu mengeluarkan batu ginjal yang masih berukuran kecil, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti dikutip dari website resmi Harvard. Berikut di antaranya.

1. Rajin Minum Air
Sebuah meta-analisis 2015 dari National Kidney Foundation menemukan bahwa orang yang memproduksi 2 hingga 2,5 liter air kencing setiap hari 50 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan batu ginjal daripada mereka yang menghasilkan urine lebih sedikit.

Diperkirakan, dibutuhkan sekitar 8 hingga 10 gelas (sekitar 2 liter air) setiap harinya untuk memproduksi urine dengan jumlah tersebut. Kamu sudah memenuhi kebutuhan air minummu dengan baik belum?

2. Batasi makanan tinggi oksalat

Makanan dengan kadar oksalat yang tinggi meliputi bayam, bit, dan almond, jelas meningkatkan kadar oksalat dalam tubuh. Sehingga, ketika kamu memiliki batu ginjal sebaiknya menghindari makanan tinggi oksalat.

Namun, makanan yang mengandung oksalat dalam jumlah sedang, seperti coklat dan beri, tidak apa-apa untuk dikonsumsi.

3. Konsumsi Lemon
Mengapa? Soalnya lemon merupakan salah satu buah yang mengandung sitrat. Nah, sitrat dapat mengikat kalsium dan membantu memblokir pembentukan batu ginjal.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa minum setengah cangkir konsentrat jus lemon yang diencerkan dalam air setiap hari, atau jus dari dua lemon, dapat meningkatkan sitrat urin dan kemungkinan mengurangi risiko batu ginjal,” kata Dr Eisner.

4. Kurangi Asupan Garam
Diet tinggi sodium dapat memicu batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin. Disarankan untuk membatasi total asupan sodium harian menjadi 2.300 miligram.

Jika kamu pernah mengalami batu ginjal dan dikarenakan natrium, cobalah kurangi natrium harian menjadi 1.500 mg. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Secukupnya saja ya.

(****)