Dinkes Pinrang Kirim Relawan Tim Medik Untuk Bencana Alam di Masamba

Devi Trisnawati

Pinrang, MP – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, Drg. dyah Puspita Dewi M.Kes yang juga merupakan Sekretaris PMI Pinrang beserta Kepala Dinas Kominfo Pinrang, Drs. Zainal Hafid melepas keberangkatan Tim Medik Pinrang untuk menjadi relawan bagi korban banjir bandang Masamba, Luwu Utara. Kamis, 16 Juli 2020 malam.

Tim Medik Kabupaten Pinrang berangkat ke Masamba, Lutra untuk melaksanakan kegiatan “Misi Kemanusiaan” selaku relawan medis membantu penanganan korban bencana alam.

Berdasarkan sumber data update per tanggal (15/7/20) yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa hujan dengan intensitas yang masih tinggi diwilayah Kabupaten Luwu Utara. Hal tersebut mengakibatkan banjir bandang.

Diketahui bahwa intensitas dengan curah hujan yang tinggi, menyebabkan kapasitas Sungai Masamba, Rongkong dan Radda pada Senin (12/7) lalu, tidak mampu menampung air hujan hingga mengakibatkan banjir bandang.

BACA:  PMI Gowa Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang Luwu Utara

Banjir Bandang dengan ketinggian air antara 1 hingga 4 meter merendam kurang lebih 4.930 rumah warga, melanda 36 desa yang tersebar di 6 kecamatan Kabupaten Luwu Utara. Update data sementara hingga saat ini per tanggal kemarin (15/7), 30an orang meninggal dunia dan lebih dari 2 ribu warga mengungsi serta 15 ribu warga yang terdampak.

Melalui pelepasan Tim Medik Pinrang Peduli Korban Bencana Alam Masamba 2020, diberangkatkan 8 orang Relawan Tim PSC 119 Dinas Kesehatan yang dipimpin Dr.H.Ramli Yunus beserta 7 orang perawat.

Relawan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pinrang memberangkatkan 2 orang dokter, Dr.Azis, dokter PKM Suppa dan Dr.Lutfi Yunus, dokter PKM Cempa. Sedangkan PMI Pinrang memberangkatkan 5 orang yang kemudian akan bergabung Posko Kemanusiaan PMI di Masamba.

BACA:  SAR Unhas Turunkan Tim ke Lokasi Banjir Bandang Luwu Utara

Relawan Medik PSC dan IDI dalam misi kemanusiaannya selanjutnya bergabung di Posko Induk Kesehatan Masamba.

Saat pelepasan, mewakili Bupati Pinrang yang juga Ketua PMI Pinrang, Sekretaris PMI Pinrang, Drg.Dyah Puspita Dewi, M.Kes. menyampaikan pesan Bupati.

“Semoga selamat tiba di tujuan, dan langsung bergabung melaksanakan kerja misi kemanusiaan membantu penanganan korban bencana alam banjir bandang di lokasi bencana di Masamba, dan usahakan selalu lakukan koordinasi dalam tugas, serta jaga kesehatan dan keselamatan diri kita juga,” tutur Dewi.

Misi kemanusiaan yang dilepas Kamis malam kemarin, juga membawa donasi dan bantuan yang telah dikumpulkan berupa Pakaian Layak Pakai, Popok Bayi, Beras, Indomie Instan, Biskuit Sereal, Air Mineral Gelas, Susu Kental Manis, dan Obat-obatan yang diperlukan untuk penanganan korban bencana alam banjir bandang di Masamba.

BACA:  14.483 Warga Lutra Mengungsi, Bupati IDP: Mohon Doanya, Semoga Tidak Ada Banjir Susulan

Tim medik yang berangkat ke Masamba, Luwu Utara dengan menggunakan kendaraan, 2 mobil ambulance, 1 mobil pick up, 1 unit mobil PMI dan 1 unit mobil IDI Pinrang.

Kabar Terkait