Press "Enter" to skip to content


Wakil Ketua DPR Salurkan Bantuan Tahap Kedua Untuk Korban Banjir Bandang Lutra

Luwu Utara, MP – Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir bandang di Luwu Utara. Bantuan tersebut merupakan penyaluran untuk kedua kalinya.

Sebelumnya, ia telah menyalurkan bantuan pada tahap pertama berupa obat-obatan, pakaian serta makanan bagi pengungsi akibat korban banjir bandang Lutra.

Untuk tahap kedua ini pihaknya mendistribusikan tandon untuk wadah air bersih yang saat ini sangatlah diperlukan bagi pengungsi.

Selain itu, juga ada beberapa perlengkapan yang sangat diperlukan oleh para pengungsi yakni selimut, lilin, makanan kaleng, pembalut wanita, karpet, obat-obatan dan pakaian dalam.

“Setelah melihat kejadian bencana Luwu Utara di media, Pak Rahmat Gobel langsung meminta tim segera menyalurkan bantuan bagi korban yang ada di lokasi bencana. Bantuan ini merupakan tahap kedua, setelah tahap pertama disalurkan,” tutur staf ahli Rahmat Gobel, Miksan Yapanto. Rabu, (22/7/2020), dikutip dari Antaranews.

Miksan mengatakan bahwa penyaluran bantuan tersebut dipercayakan kepada Andi Yuslim Patawari selaku ketua tim relawan untuk mengkoordinasikan bantuan sampai di lokasi bencana.

Bantuan yang disalurkan sesuai kebutuhan dan permintaan dari posko pengungsian. Miksan Yapanto juga mengungkap bahwa terkait bantuan selanjutnya, akan dilihat kondisi kedepan.

Sementara rencana kehadiran Rahmat Gobel akan turun ke lokasi bencana, masih dicarikan waktu yang tepat serta melihat perkembangan terbaru.

Gambar : Bantuan Kedua dari wakil DPR untuk korban banjir bandang Lutra/sumber(Antara).

Andi Yuslim Patawari menyebutkan bahwa bantuan tahap dua yang disalurkan yakni berupa 10 buah tandon, ratusan selimut, pembalut dan makanan kaleng. Selain itu, mengingat saat ini masih pandemi Covid-19, pihaknya juga mendistribusikan masker.

“Masker ada 1.000 kita kirim ke sana untuk dibagikan kepada warga terdampak. Saya juga meminta agar seluruh tim relawan tidak terburu-buru mengantar bantuan dan setiba di lokasi agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19, selain menjaga diri juga tidak menyusahkan orang yang ada disana,” kata dia.

Sementara, terkait jumlah bantuan yang dikirimkan ke lokasi bencana, pihaknya menyalurkan bantuan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari posko penanganan bencana di Luwu Utara.

Hal ini diketahui karena pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemkab Lutra terkait bantuan yang dibutuhkan oleh pengungsi.

“Koordinasi terus kita lakukan dengan pemda serta tim penanganan bencana di sana, jangan sampai distribusi logistik yang disalurkan ini salah sasaran. Ini adalah misi kemanusiaan dan sudah sepatutnya kita saling membantu satu sama lain di kala terjadi musibah,” tutup Andi Yuslim.