Fakultas Peternakan Unhas Siapkan Satu Ton Bakso untuk Pengungsi di Luwu Utara

Devi Trisnawati

Makassar, MP – Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) menyiapkan satu ton bakso produk inovasi. Tidak lain adalah untuk membantu korban bencana banjir bandang Masamba, Luwu Utara.

Panitia Donasi Bakso Fakultas Peternakan Unhas, Sri Purwanti menuturkan bahwa penyaluran satu ton bakso dimaksudkan untuk mempercepat proses pemulihan fisik serta raga para pengungsi arau korban banjir bandang yang membutuhkan asupan nutrisi serta protein yang cukup dan juga higienis.

Sri Purwanti kembali mengatakan, Fakultas Peternakan merasa terpanggil sebagai wujud rasa kemanusiaan. Pada beberapa aksi kemanusiaan sebelumnya seperti bencana tsunami Poso, Unhas juga ambil bagian.

“Selain itu juga mengingat Unhas sebagai humaniversity yang mengupayakan hadir membantu masyarakat yang membutuhkan,” tutur dia, dikutip dari Antara, Sabtu (18/7/2020).

BACA:  Fasilitas Kesehatan dan Sarana Sanitasi Masih Minim di Pengungsian Banjir Luwu Utara

Terkait hal bantuan, Fakultas Peternakan Unhas memilih bakso untuk disalurkan kepada masyarakat karena tidak membutuhkan waktu lama dalam proses persiapan dan pengolahannya sebelum dikonsumsi. Selain itu, bakso juga adalah jenis makanan yang disukai hampir seluruh golongan usia.

“Sehingga fokus donasi kita itu. Satu ton bakso ini diproduksi oleh unit pengolahan bakso MBC Fakultas Peternakan Unhas yang melibatkan kurang lebih 30 orang dengan anggaran Rp50 juta,” kata dia.

Terkait proses produksinya, panitia mendapatkan bantuan dana dari donasi para dosen dan tenaga kependidikan lingkup Fakultas Peternakan, dharma wanita, alumni, serta dosen di luar lingkup Fakultas Peternakan Unhas.

“Selain mendonasikan bakso, kegiatan kemanusiaan lainnya yang rencananya akan dilakukan adalah mendorong konsumsi makanan berprotein asal hewani seperti ayam, telur dan juga susu serta kegiatan lain yang mungkin masyarakat butuhkan,” tandasnya.

BACA:  Polres Luwu Utara Berhasil Menangkap Seorang Terduga Pelaku Penganiayaan

Untuk penyaluran bantuan satu ton bakso ke lokasi bencana Masamba akan dikirim ke lokasi pada esok hari Minggu (19/7/2020). Bantuan tersebut akan diantar langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan, Lellah Rahim.

Kabar Terkait