Press "Enter" to skip to content


Atasi Genangan Air di Kota Masamba, Dinas PUPR Segera Pasang Box Culvert

Luwu Utara, MP – Untuk mengatasi genangan air di beberapa titik di Kota Masamba, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu Utara bakal segera membangun drainase menggunakan box culvert.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas PUPR, Suaib Mansyur, Senin (10/8) kemarin, saat dirinya meninjau beberapa lokasi yang ada di Kelurahan Bone dan Bone Tua.

“Sebelumnya kita terus mencari jalur alternatif dan mengupayakan genangan air di beberapa titik di dalam Kota Masamba ini bisa dialirkan ke sungai. Proses normalisasi sungai yang masih terus berlanjut tidak memungkinkan hal itu untuk dilakukan terlebih dasar Sungai Salukula yang melewati Kota Masamba masih tinggi,” kata Suaib.

Masih kata Suaib, untuk solusi kedepannya, pihaknya akan membuat sebuah saluran air ataupun drainase dan ditempatkan di sejumlah jalan dalam kota dengan menggunakan box culvert.

“Box Culvert adalah beton bertulang pra cetak berbentuk segi empat yang memiliki spigot dan socket yang menjadikannya kedap terhadap masuknya air tanah (eksfiltrasi) dan tetap menyatu saat terjadi pergeseran tanah. Box Culvert umumnya digunakan untuk saluran drainase. Kita berharap dengan box culvert ini pembersihan Kota Masamba akan cepat selesai dilakukan ketika tidak ada lagi genangan dengan dibuatnya saluran air dan drainase,” harapnya.

Selain meninjau beberapa titik di Kota Masamba, Suaib juga melihat progres pembangunan jembatan bailey yang bakal kembali menghubungkan akses lima desa yang sempat terputus. Jembatan tersebut ditarget pelaksana selesai sebelum 17 Agustus 2020 mendatang.