Press "Enter" to skip to content


Bupati Lutra Apresiasi Kegiatan Trauma Healing AMCF Sulsel

Luwu Utara, MP – Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani memberikan apresiasi yang mendalam kepada Asian Muslim Charity Foundation (AMCF) atau Yayasan Muslim Asia yang telah berpartisipasi dalam program kemanusiaan di masa Tanggap Darurat Bencana di Luwu Utara.

Hal tersebut dikatakan Bupati IDP saat mengundang Tim AMCF yang turun dalam Tanggap Bencana Banjir Bandang di Kantor Bupati Utara, Rabu 22 Juli 2020.

“Sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih kepada AMCF, besar harapan kami program AMCF ini tetap berlanjut nantinya pada masa recovery (pemulihan) di lokasi banjir bandang Luwu Utara ini,” kata Indah.

Untuk diketahui, AMCF melakukan sejumlah kegiatan tanggap bencana di Luwu Utara selama 6 hari (17-22 Juli 2020). Salah satu kegiatannya yakni melakukan kegiatan trauma healing.

Trauma healing dianggap mampu mengurangi rasa trauma kepada para korban banjir bandang. Kegiatan ini dianggap untuk mengurangi rasa ketakutan terhadap kejadian bencana alam sepekan lalu.

Selain itu, AMCF juga melakukan mendistribusikan air bersih, menyediakan lampu panel, menyediakan tenda, terpal, tikar/matras, selimut, toiletris, sembako, tandon air, buku-buku, Alquran, pakaian layak pakai, dan penyuluhan kesehatan.

“Dalam situasi tanggap bencana ini, kami mengambil peran dengan melaksanakan berbagai macam kegiatan yang tentunya sangat bermanfaat bagi para korban banjir bandang di luwu utara ini, adapun kegiatannya yaitu distribusi logistik/sembako, distribusi air bersih, pemasangan tandon, terpal, selimut, dan toiletris. Adapun program penyuluhan kami peruntukkan kepada anak-anak baik itu dibidang pendidikan maupun kesehatan,” tutur Khaeruddin, Administrator Pusat Kemanusiaan Sulsel.

Dalam melakukan program tanggap darurat tersebut, pihaknya mengungkap bahwa ada beberapa tantangan yang dialami, diantaranya cuaca yang tidak menentu juga akses yang sangat sulit untuk ditembus ke lokasi pengungsian. Namun, untung ada armada yang mendukung dan Crew AMCF yang sudah pengalaman sehingga mereka bisa tembus ke lokasi-lokasi terisolir.

“Kami turut berduka atas terjadinya bencana ini, semoga dengan program ini dapat meringankan beban masyarakat khususnya para korban banjir bandang di Luwu Utara. Kami mewakili AMCF, mengucapkan banyak terima kasih kepada para relawan dan para donatur yang telah berpartisipasi dalam program tanggap ini.” tambahnya.